Inovasi Pendidikan dan Pelatihan Learning Management System (LMS) Corporate University Kabupaten Boyolali

Authors

  • M. Adekurniawan M. Adekurniawan Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Boyolali

DOI:

https://doi.org/10.53697/jid.v3i1.32

Keywords:

Inovasi, Learning Management System, BKPSDM, Boyolali

Abstract

Pendidikan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor krusial dalam mencapai keberhasilan suatu organisasi, termasuk Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Boyolali. BKPSDM bertanggung jawab dalam peningkatan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) guna meningkatkan produktivitas dan kualitas pelayanan publik. Namun, kendala ruang dan waktu dalam metode pelatihan konvensional menjadi hambatan signifikan dalam pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan bagi ASN. Pengembangan Learning Management System (LMS) dipandang sebagai solusi inovatif untuk mengatasi kendala tersebut, dengan menyediakan platform digital yang memungkinkan pembelajaran dilakukan secara daring. LMS memungkinkan peserta mengakses materi secara fleksibel serta meningkatkan interaksi dengan instruktur melalui fitur komunikasi yang terintegrasi. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE dengan pendekatan kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan umpan balik dari pengguna LMS Corporate University Kabupaten Boyolali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LMS secara signifikan meningkatkan aksesibilitas pembelajaran, memfasilitasi interaksi antara peserta dan pengajar, serta meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan sumber daya. Meskipun terdapat tantangan teknis, secara keseluruhan pengguna menyatakan kepuasan terhadap antarmuka dan fungsionalitas LMS.Dengan demikian, pengembangan dan penerapan LMS diharapkan mampu mendukung upaya reformasi birokrasi di Kabupaten Boyolali, serta berkontribusi dalam peningkatan kompetensi dan profesionalitas ASN melalui pembelajaran yang lebih efisien dan fleksibel.

References

Dhika, H., Destiawati, F., Sonny, M., & Jaya, M. (2019). Penerapan Learning Management System Dalam Media Pembelajaran Menggunakan Moodle. Seminar Nasional Informatika Dan Aplikasinya (SNIA), 2019.

Fauziah, N. M., & Prasetyo, A. W. (2019). OF CIVIL SERVICE EDUCATION AND TRAINING IN THE DISRUPTIVE ERA. https://www.

Fauziyah, S., Ekosusilo, M., & Putra, H. K. (2022). Penggunaan LMS (Learning Management System) Berbasis Moodle Ditinjau dari Minat Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Lembaran Ilmu Kependidikan, 51(2), 88–101. http://spada.univetbantara.ac.id/.

Hafid Hardyanto, R., Dwi Surjono, & Herman. (2016). DEVELOPING AND IMPLEMENTING E-LEARNING USING MOODLE AND VICON FOR THE WEB PROGRAMMING SUBJECT AT SMK. JurnalPendidikanVokasi, 6(1), 43–53. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv

Hidayat, T., Soepandi, H., Arrizqi, M. F., Firda, Z., & Bella, S. (2023). Alternatif Pembelajaran dengan Learning Manajemen Sistem (LMS) Menggunakan Moodle. JPKMI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia, 3(2), 128–134. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i2

Indrawatiningsih, N. (2021). Efektivitas Learning Management System (LMS) berbasis moodle sebagai sarana diskusi untuk meningkatkan kemampuan argumentasi matematika mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 7(2), 1–8. https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i2.1898

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education, 14(2), 129–135. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Munir. (2010). PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DI PERGURUAN TINGGI: STUDI KASUS DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA. CakrawalaPendidikan, 109–119.

Nopriandi, A., Diklat, B., & Palembang, K. (2022). MEMBANGUN SMART APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) MELALUI PELATIHAN. 15(1).

Sagitta Tjipta, D., Nur Cholis, M., Agnie Dewantari, A., & Sain dan Teknologi, F. (2023). Pengembangan Learning Management System Berbasis Moodle Untuk Fakultas Sain Dan Teknologi UIBU. JurnalTeknikMesindanPembelajaran, 6. http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp

Sara, K., Witi, F. L., & Mude, A. (2020). Implementasi E-Learning Berbasis Moodle di Masa Pandemi Covid 19. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(2), 181–189. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i2.1813

Syifqi, A. (2023). Analisis Pemanfaatan LMS (Learning Management System) Pada UPBJJ-UT Jambi. 8(4).

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141

Widya, I., Pratomo, P., & Wahanisa, R. (2021). Pemanfaatan Teknologi Learning Management System (LMS) di Unnes Masa Pandemi Covid-19. 7(2), 547. https://doi.org/10.15294/snhunnes.v7i2.730

Wijaksono, B. A., Handayani, T., & Herlinda, H. (2023). BAW LEARNING ACTIVITY MANAGEMENT SYSTEM (LAMS) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN OPEN SOURCE ONLINE. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, 5(1), 22–28. https://doi.org/10.33480/abdimas.v5i1.3418

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

M. Adekurniawan, M. A. (2024). Inovasi Pendidikan dan Pelatihan Learning Management System (LMS) Corporate University Kabupaten Boyolali. Jurnal Inovasi Daerah, 3(1), 13–23. https://doi.org/10.53697/jid.v3i1.32

Issue

Section

Articles